Syarat Tumbuh Bunga Mawar

Syarat Tumbuh Bunga Mawar


Bibit Mawar

Bibit mawar yang akan ditanam dilahan terdiri dari dua jenis, yaitu bibit mawar yang akarnya diselubungi tanah dan bibit yang akarnya diselubungi tanah dab bibit yang akarnya diselubungi tanah dan bibit yang akarnya diselubungi tanah. Bibit yang akarnya diselubungi tanah merupakan bibit hasil pembibitan di pot dan polybag yang ditanam beserta tanahnya, sedangkan bibit yang akarnya tidah diselubungi tanah biasanya merupakan tanaman mawar yang cabutan atau bibit yang tanahnya dibuang.


Penentuan Pola Tanaman

Buat lubang tanam pada jarak 60×60 cm 70×70 cm, tergantung jenis mawar dan kesuburan tanahnya.

Pembuatan Lubang Tanaman

Untuk membuat lubang diperlukan sekop melengkung supaya diperoleh lubang berbentuk silindris. Ukuran-ukuran lubang 45x45x45 cm. Kedalaman yang baik yaitu bila tanaman diletakan dalam lubang dan kedudukan bagian percabangan utama(Budunion) letaknya sejajar dengan permukaan tanah. Akar Mawar tidak dapat menembus tanah terlalu dalam, maka tidak perlu mencangkul tanah terlalu dalam cukup 45-55 cm.


Pada saat membuat lubang tanah di permukaan (Top Soil), subsoil dikumpulkan terpisah karena akan difgunakan untuk menutupi lubang kembali. Bila daerah itu tertutup rambut, harus diambil dalam bentuk lempengan-lempengan dan diletakan di tempat teduh untuk digunakan sebagai pupuk untuk dimasukan kedalam lubang kembali. bila itu tertutup rumput, harus diambil dalam bentuk lempengan-lempengan dan diletakan ditempat teduh untuk dimasukan kedalam lubang.


Cara Penanaman

Waktu tanam mawar adalah pada awal musim hujan(Bila airnya memadai dapat dilakuakan sepanjang musim/Tahun). Tanaman mawar yang ditanam berupa bibit cabutan(Bibit yang akarnya tidak diselubungi tanah) dan bibit yang berasal dari polybag(Bibit yang akarnya diselubungi tanah)

Sumber : https://lahan.co.id/