Melakukan Pengaturan (Setting) pada Blogspot

Melakukan Pengaturan (Setting) pada Blogspot

Melakukan Pengaturan (Setting) pada Blogspot

Sebelum kita mulai blogging, ada hal penting yang harus dilakukan yaitu melakukan pengaturan (setting) terhadap blog kita. Tutorial kali ini menguraikan bagaimana cara melakukan pengaturan dalam blog.
Login di Blogger dengan ID anda. Klik Pengaturan.

Akan muncul menu pengaturan dengan beberapa sub menu seperti Dasar, Publikasikan, Format, Komentar, Arsipkan, Feed Situs, Email & Selular, Open ID dan Izin.

Menu Dasar

Pengaturan yang ada dalam menu dasar antara lain:

  1.  Alat Blog terdiri dari Impor Blog untuk mengimpor entri dan komentar dari blog lain, Ekspor Blog untuk mengekspor atau menyimpan semua entri dan komentar yang ada dalam blog ke komputer dalam bentuk xml. Impor blog merupakan fasilitas untuk mem-backup blog. Hapus Blog untuk menghapus blog.
  2. Judul, isikan judul blog anda misalnya Dunia Sekitar Kita
  3. Uraian, isikan beberapa kata kata yang berkaitan dengan judul blog maksimal 500 karakter
  4. Tambahkan blog Anda ke daftar kami?, jika memilih tidak blog tidak akan ditampilkan di blogger, tetapi masih ada di intenet. Sebaiknya anda memilih ya.
  5. Biarkan mesin pencari menemukan blog Anda?, bila anda memilih tidak maka mesin pencari tidak akan bisa menemukan blog anda, tetapi kita masih bisa melihat blog kita dengan mengetikkan alamat blog. Sebaiknya anda memilih ya.
  6. Tampilkan Editing Cepat di Blog Anda?, Jika anda sudah masuk di blogger, maka anda dapat mengedit langsung dengan klik langsung postingan di blog anda tanpa memilih menu pengaturan di blogger.
  7. Konten Dewasa?, jika blog anda memiliki konten konten dewasa maka saat pengunjung melihat blog anda akan ada peringatan apakah melanjutkan untuk melihat blog anda.
  8. Pilih editor entri, memilih tampilan saat melekukan entri baru atau mengedit entri.
  9. Aktifkan transliterasi?, menambahkan tombol ke toolbar untuk mengkonversi kata dari Inggris ke bahasa yang dipilih. (Anda dapat mengubah bahasa dalam Editor Kiriman nanti).

Menu Publikasikan

Alamat Blog*Spot, mengubah alamat blog anda (tergantung ketersediaan). Anda juga bisa memakai domain terdaftar milik anda sendiri dengan memilih “Domain Ubahsuaian”

Menu Format

  1. Tampilkan sebanyak mungkin, mengatur banyaknya postingan pada halaman pertama blog. Bisa dipilih berdasarkan postingan atau hari. Jika berdasarkan hari postingan maksimal yang akan ditampilkan adalah 500 postingan.
  2. Format Header Tanggal, mengatur format  tanggal yang ditampilkan di bagian atas postingan.
  3. Format Tanggal Index Arsip, mengatur format tanggal yang ada di arsip blog.
  4. Format Timestamp, mengatur format waktu.
  5. Zona Waktu, mengatur zona waktu. Untuk Indonesia Bagian Barat zona waktunya adalah GMT + 07.00
  6. Bahasa, untuk mengatur bahasa di blogger.
  7. Konversi ganti baris, apabila dipilih ‘Ya’, hasil penekanan tombol ENTER di Editor Entri akan diganti dengan sebuah tag <br /> tunggal di dalam blog Anda, dan dua kali penekanan tombol ENTER akan diganti dengan dua tag (<br /><br />).
  8. Tampilkan Field Judul
  9. Tampilkan kolom Link, tambahkan opsi untuk menyertakan URL terkait dan link lampiran podcast di masing-masing posting Anda.
  10. , izinkan opsi perataan gambar dan teks menggunakan tag <div clear:both>. (Pilih “Tidak” jika Anda memiliki masalah tata letak entri.)
  11. Templat Entri, fmembuat teks atau kode yang akan muncul setiap kali Anda membuat entri baru.

Menu Komentar

  1. Komentar, Memilih apaka komentar pada blog akan ditampilkan atau tidak. Memilih “Sembunyikan” tidak menghapus komentar yang ada – Anda dapat menampilkannya kembali kapan saja dengan cara memilih kembali “Tampilkan”.
  2. Siapa yang Bisa Berkomentar ?, memilih siapa saja yang boleh memberikan komentar dalam blog anda.
  3. Penempatan Formulir Komentar, memilih penempatan formulir komentar.
  4. Default Komentar untuk Entri
  5. Taut Balik, memungkinkan Anda melacak laman lainnya di dalam web yang terhubung dengan kiriman Anda.Memilih “Sembunyikan” tidak menghapus tautbalik – Anda dapat menampilkannya kapan saja dengan memilih kembali “Tampilkan”.
  6. Bawaan Tautbalik untuk Posting, pilih “Entri Baru Memiliki Taut Balik” jika anda ingin artikel anda memiliki backlink, dan pilih “Entri Baru Memiliki Taut Balik” jika Anda ingin artikel Anda tidak memiliki
  7. Format Timestamp Komentar, memilih format tanggal yang akan ditampilkan.
  8. Pesan Formulir Komentar, mengisi pesan dalam formulir komentar, misalnya “Silahkan berkomentar bebas asalkan sopan!”
  9. Moderasi komentar, mengkaji komentar sebelum diterbitkan. Sebuah tautan akan muncul pada dasbor Anda saat ada komentar yang akan dikaji.
  10. Tampilkan verifikasi kata untuk komentar? Jika memilih ya, orang yang akan memberikan komentar akan melihat verifikasi kata yang akan membantu mengurangi spam komentar.
  11. Tampilkan gambar profil dalam komentar?, memilih apakah ingin menampilkan gambar Profil dalam komentar
  12. Email Pemberitahuan Komentar, Mengisikan alamat email dimana komentar akan dikirimkan.Anda dapat memasukkan hingga sepuluh alamat, yang dipisahkan dengan koma

Menu Arsipkan

  1. Frekuensi Arsip, mengatur bagaimana arsip blog anda akan ditampilkan.
  2. Aktifkan Halaman Posting?, Halaman Posting memberikan setiap posting Anda halaman web uniknya sendiri, sebagai tambahan untuk muncul di halaman depan blog Anda

Menu Feed Situs

  1. Izinkan Feed Blog, pilih Penuh untuk mensindikasi seluruh konten entri Anda. Pilih Singkat untuk mensindikasikan paragraf atau 255 karakter pertama, mana yang lebih pendek. Jika memilih Tak Satupun, blog Anda tidak akan disindikasikan dan kontennya tidak akan diindeks oleh Penelusuran Blog Google. Setelan ini akan diterapkan ke setiap jenis umpan (Umpan entri, komentar, dan komentar per entri).
  2. Posting URL Pengubahan Arah Feed, Jika Anda telah menyalurkan umpan entri dengan FeedBurner, atau menggunakan layanan lain untuk memproses umpan, masukkan URL lengkap umpan di sini. Blogger akan mengalihkan semua lalu lintas umpan ke alamat ini. Biarkan kosong jika tidak dialihkan.
  3.  Footer Feed Posting, ini akan muncul setelah setiap posting di feed posting Anda. Apabila Anda menggunakan iklan atau tambahan feed pihak ketiga lainnya, Anda dapat memasukkan kode tersebut di sini. Anda juga harus menetapkan “Aktifkan Halaman Posting” ke posisi “Ya” (pada Pengaturan arsip ) dan menetapkan “Izinkan Feed Blog” ke “Penuh” (di atas).

Menu Email & Seluler

Selain menggunakan Editor Posting, kita juga dapat membuat postingan melaui Email atau Hanphone

  1. Alamat BlogSend, ketik alamat email sampai sepuluh email dipisahkan dengan tanda koma (,) untuk yang Anda ingin mengirim pemberitahuan ketika posting artikellink balik
  2. Alamat Pengeposan via Email, Ketikkan alamat yang nantinya akan dituju untuk mengeposkan text atau gambar. Alamat ini harus dirahasiakan supaya tidak ada orang lain yang mengeposkan entri di blog anda.http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=2181660416144113847
    Publikasikan segera email, jika anda ingin menerbitkan langsung email yang anda kirim ke alamat email rahasia yang anda ketikkan diatas.
    Simpan email sebagai konsep, email yang anda kirim tidak langsung diterbitkan melainkan disimpan sebagai draft posting.
    Nonaktifkan, jika anda tidak ingin posting melalui email
  3. Perangkat Seluler, anda juga bisa melakukan posting melalui handphone.

Menu Open ID 

Tidak ada yang melakukan beberapa pengaturan di sini, tapi ada pemberitahuan memberitahu Anda bahwa alamat blog Anda dapat digunakan sebagai alamat dari OpenID.

Menu Izin

  1. Penulis Blog,anda bisa menambah penulis blog dengan menambahkan alamat email.
  2. Pembaca Blog, secara default, blog Anda terbuka bagi semua pembaca.Anda dapat membatasi blog Anda hanya ke pembaca yang Anda pilih. Namun, para pembaca ini harus login sebelum bisa membaca blog Anda, sehingga diperlukan langkah tambahan.

Klik Simpan Setelan untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan